Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) merupakan materi prasyarat (yang diperlukan) untuk membelajarkan topik-topik lain dalam matematika. Salah satu diantaranya adalah keterampilan prasyarat untuk melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda. Selain itu KPK juga diperlukan dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dijumpai oleh siswa, misalnya perkiraan waktu tempuh yang diperlukan dalam menyusul kendaraan lainnya atau untuk menentukan suatu perulangan dari suatu kegiatan ataupun suatu peristiwa. Oleh karena itu pada modul 2 ini akan dibahas tentang pembelajaran KPK di SD.

Tujuan belajar : Setelah mempelajari modul ini, Anda  diharapkan mampu menjelaskan tentang: cara menentukan KPK dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK serta pembelajarannya. Untuk membantu Anda menguasai kemampuan tersebut, maka bacalah dengan cermat uraian materi yang terdapat dalam modul ini yang terdiri atas tiga kegiatan belajar (KB) seperti berikut.

  1. KB 1: Pembelajaran kelipatan dan kelipatan persekutuan
  2. KB 2: Pembelajaran cara menentukan KPK
  3. KB 3: Terapan KPK dalam kehidupan dan permasalahan lain yang relevan

Standar kompetensi profesional guru yang akan ditingkatkan terkait dengan ditulisnya modul ini antara lain adalah menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural. Terkait dengan hal tersebut, maka kajian bilangan dalam mata pelajaran matematika untuk materi  KPK dan  FPB dua atau tiga bilangan di SD/MI   hendaknya dikuasai guru dengan baik.   Kompetensi siswa yang terkait dengan kajian tersebut mencakup 2 SK dan 4 KD. Dua KD dipelajari siswa di kelas IV semester 1 dan 2 KD dipelajari siswa di kelas V semester 1. Dalam pembahasan modul ini diawali dengan suatu masalah dan pembahasan beberapa alternatif cara membelajarkan konsep serta teknik dalam menentukan FPB dan KPK dari 2 atau 3 bilangan. Namun demikian, Anda diharapkan dapat mengembangkan lagi pembelajarannya agar siswa merasa senang dan mudah dalam mempelajari kompetensi tersebut.

Terkait dengan kompetensi guru agar mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata, maka dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran FPB dan KPK, hendaknya dikaitkan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian secara tidak langsung proses pembelajaran telah membekali siswa dengan kemampuan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Selain hal tersebut siswa juga diharapkan dapat memahami manfaat  dari hal yang dipelajari bagi kehidupannya nanti.

Download File Lengkap Format PDF

Tinggalkan Komentar