Pemecahan Masalah dalam Bilangan Pecahan, dan Perbandingan | Setelah Anda mempelajari BBM ini, diharapkan Anda dapat memahami dan terampil melakukan pemecahan masalah matematik yang berhubungan dengan topik bilangan  pecahan, dan perbandingan.

INDIKATOR

Setelah mempelajari materi dalam BBM ini, Anda diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep pecahan dan aplikasinya.
  2. Menggunakan sifat-sifat dan operasi dalam pecahan untuk memecahkan permasalahan matematik.
  3. Terampil melakukan pemecahan masalah matematik yang berhubungan dengan topik pecahan.
  4. Memahami konsep, prinsip, dan aturan-aturan dalam bahasan perbandingan dan aplikasinya.
  5. Terampil melakukan pemecahan masalah matematik yang berhubungan dengan topik perbandingan.

Untuk membantu Anda mencapai tujuan/indikator tersebut, BBM ini diorganisasikan menjadi tiga Kegiatan Belajar (KB) sebagai berikut:

KB 1: Pecahan

KB 2: Perbandingan.

Untuk membantu Anda dalam mempelajari BBM ini, silakan perhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini:

  1. Bacalah dengan teliti bagian pendahuluan ini sampai Anda memahami secara tuntas tentang apa,untuk apa, dan bagaimana mempelajari BBM ini.
  2. Bacalah sepintas bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci dari kata-kata yang dianggapbaru. Carilah pengertian kata-kata kunci tersebut dalam kamus atau ensiklopedia yang Anda miliki.
  3. Tangkaplah pengertian demi pengertian melalui pemahaman sendiri dan tukar pikiran denganmahasiswa lain atau dengan tutor Anda.
  4. Untuk memperluas wawasan, baca dan pelajari sumber-sumber lain yang relevan. Andadipersilakan untuk mencari dan menggunakan berbagai sumber, termasuk dari internet.
  5. Mantapkan pemahaman Anda dengan mengerjakan latihan dan melalui kegiatan diskusi dalamkegiatan tutorial dengan mahasiswa lainnya atau dengan teman sejawat.

PENGANTAR

Pecahan merupakan konsep matematika yang sangat penting karena aplikasinya yang begitu luas, banyak digunakan dalam kehidupan kesehaian. Cakupan materi dalam Kegiatan Belajar 1 ini antara lain: Pengertian Pecahan, Jenis Pecahan, Pecahan Murni dan Pecahan Tidak Murni, Pecahan Senilai, Membandingkan Pecahan, Mengubah Pecahan ke Bentuk Lain, Sifat dan Operasi Pecahan, dan Bentuk Baku. Kajian materi ini dapat dikatakan sebagai prasyarat untuk menempuh Kegiatan Belajar selanjutnya. Adapun setiap kajian materi tersebut disuguhkan dalam bentuk pemecahan masalah matematik.

INDIKATOR

Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 1 ini, Anda diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep pecahan dan aplikasinya.
  2. Menggunakan sifat-sifat dan operasi dalam pecahan untuk memecahkan permasalahan matematika.

Terampil melakukan pemecahan masalah matematik yang berhubungan dengan topik pecahan

BILANGAN PECAHAN
Apakah kamu masih ingat dengan materi bilangan bulat yang telah kamu pelajari padaKB sebelumnya? Ternyata, tidak semua masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dapat dinyatakan dengan konsep bilangan bulat. Contohnya, ketika kamu ingin membagi kue ulang tahun untuk diberikan kepada tiga temanmu, maka kue ulang tahun yang diperoleh tiap orangnya tidak dapat dinyatakan dengan konsep bilangan bulat, tetapi kita dapat menyatakannya dengan konsep bilangan pecahan ……. Dst

PERBANDINGAN
Dalam Kegiatan Belajar 2 ini, materi yang dicakup antara lain adalah : Pengertian Perbandingan, Perbandungan Senilai dan Berbalik Nilai, dan Skala. Setiap kajian materi tersebut disuguhkan dalam bentuk pemecahan masalah matematik. Materi Perbandingan ini sangat erat kaitannya dengan materi yang Anda pelajari pada Kegiatan Belajar 1, yakni Pecahan. Oleh karena itu, semakin Anda menguasai materi Pecahan, akan lebih memudahkan Anda untuk menuntaskan Kegiatan Belajar 2 ini.

INDIKATOR
Setelah mempelajari materi dalam Kegiatan Belajar 3 ini, Anda diharapkan dapat:
1.    Memahami konsep, prinsip, dan aturan-aturan dalam bahasan perbandingan dan aplikasinya.
2.    Terampil melakukan pemecahan masalah matematik yang berhubungan dengan topik perbandingan

Download File Lengkap Format PDF

Tinggalkan Komentar

error: Dilarang copy paste