Strategi Pemecahan Masalah Heuristik I (Menyajikan Suatu Masalah) | Unit 4 dari bahan ajar  ini merupakan implementasi dari konsep-konsep yang telah dikaji dari unit-unit terdahulu. Dalam unit ini akan dibahas mengenai beberapa strategi dalam pembelajaran pemecahan masalah matematika. Seperti pada unit sebelumnya kita telah mempelajari  hakekat dan proses pemecahan masalah matematika yang meliputi memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan meninjau kembali jawaban pemecahan masalah. Pada unit ini akan dibahas mengenai strategi dalam pemecahan masalah heuristik I, yaitu membuat  gambar atau diagram, membuat daftar, dan membuat tabel beserta contoh-contohnya dan pemecahan masalahnya. Kompetensi yang harus dikuasai setelah mempelajari unit ini, Anda harus mampu menerapkan strategi pemecahan masalah matematika yang terkait dengan strategi membuat gambar atau diagram, membuat daftar, dan membuat tabel, serta mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian setelah mempelajari materi ini, diharapkan mahasiswa mampu:

1). Mengidentifikasi masalah yang harus dipecahkan;

2).  Memecahkan masalah dengan cara membuat  gambar atau diagram,

3). Memecahkan masalah dengan cara membuat daftar masalah, dan

4). Memecahkan masalah dengan cara membuat tabel.

Unit ini dilengkapi dengan latihan-latihan, agar Anda dapat semakin memahami konsep yang dipaparkan. Pelajari unit ini dengan tuntas, kemudian untuk mengetahui  tingkat penguasaaan Anda terhadap materi ini, kerjakan tes formatifnya. Untuk mengetahui hasil penguasaan Anda. terhadap materi ini, Anda dapat mencocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban tes formatif yang berada di bagian akhir unit. Selanjutnya, gunakan rumus yang diberikan dalam umpan balik untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda. Jika penguasaan Anda belum memenuhi standar yang dipersyaratkan, coba pelajari ulang, terutaama pada konsep-konsep yang belum Anda pahami dengan benar. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan segan-segan bertanya pada dosen atau rekan Anda yang lebih mampu. Manfaatkan sumber belajar lain yang mendukung, misalnya bahan ajar berbasis web yang telah disediakan.

SubUnit 1

Membuat Gambar atau Diagram

Subunit 1 dari Unit 4 akan membahas tentang strategi pemecahan masalah dengan cara membuat gambar atau diagram dan pemecahan masalahnya disertai contoh. Strategi pemecahan masalah dengan cara membuat gambar atau diagram merupakan salah satu dari strategi  pemecahan masalah matematika yang tidak rutin, sehingga perlu ada suatu teknik penyelesaian yang tepat. Penguasaan prinsip-prinsip dasar dalam pemecahan masalah harus benar-benar ditaati  untuk menyelesaikan masalah yang  berkaitan tersebut.

Strategi pemecahan masalah ini digunakan untuk memperjelas hubungan antar komponen masalah yang ada. Strategi  ini diupayakan untuk menampilkan masalah ke dalam bentuk gambar atau diagram, sehingga dapat mempermudah siswa dalam memahami masalah. Melalui gambar atau diagram, diharapkan siswa mendapatkan gambaran umum penyelesaian masalahnya. Gambar atau diagram dapat digunakan untuk melacak berbagai tahapan dari penyelesaian masalah. Untuk membuat gambar atau diagram ini, kita tidak perlu  membuatnya secara detail, tetapi cukup yang berhubungan dengan permasalahan yang ada.

SubUnit 2

Membuat Daftar

Strategi  pemecahan masalah matematika yang berikutnya dengan cara Membuat Daftar.  Strategi pemecahan masalah matematika ini digunakan untuk berbagai tujuan.  Strategi pemecahaan masalah matematika  dengan cara membuat daftar dilakukan dengan mengelompokkan informasi  ke dalam beberapa tipe pada suatu daftar. Ketika  kita akan menyelesaikan suatu masalah dengan  jumlah data yang  besar akan digeneralisasi, sebuah daftar dapat membantu menghitung berbagai kemungkinan dan menghindari terjadinya pengulangan

SubUnit 3

Membuat Tabel

Subunit 3 dari unit 4 akan membahas tentang strategi pemecahan masalah dengan cara membuat tabel dan pemecahan masalahnya  disertai contoh. Strategi pemecahan masalah dengan cara membuat tabel merupakan salah satu dari strategi  pemecahan masalah matematika yang efektif untuk menyusun data yang memiliki lebih dari satu karakter ke dalam sebuah tabel. Tampilan tabel akan dapat mempermudah pengelompokkannya, sehingga dengan jelas dan mudah dapat diketahui data yang belum ada atau data yang hilang.  Tabel juga dapat digunakan untuk mencari pola yang muncul dalam satu soal, sehingga dapat mempermudah untuk mendapatkan jawabannya.

Seperti pada strategi pemecahan masalah yang terdahulu, langkah pemecahan masalah matematika diawali dengan memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan meninjau kembali jawaban pemecahan masalah. Strategi pemecahaan masalah matematika  dengan cara membuat tabel diawali dengan pemahaman masalah, yaitu memahami apa yang diketahui dan ditanyakan. Untuk menyusun recana penyelesaian dilanjutkan dengan cara membuat tabel, kemudian mengelompokkan data, memasukkan data ke dalam tabel. Selanjutnya melalui tabel yang telah dibuat dapat ditemukan jawaban dari masalah. Untuk mengetahui benar atau tidaknya jawaban dari masalah, perlu dikaji kembali dan dicek kebenarannya dengan cara lain

 

Download File Lengkap

Tinggalkan Komentar