Strategi Pemecahan Masalah Heuristik II (Membuat Suatu Dugaan Yang Diperhitungkan) | Uni t 5 dari bahan ajar cetak ini merupakan kelanjutan dari konsep-konsep yang telah dikaji dari unit-unit  terdahulu. Dalam unit ini akan dibahas mengenai  beberapa strategi dalam pembelajaran pemecahan masalah matematika. Seperti pada unit sebelumnya kita telah mempelajari  hakikat dan proses  pemecahan masalah matematika yang meliputi memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan meninjau kembali jawaban pemecahan masalah. Pada unit ini akan dibahas mengenai strategi dalam pemecahan masalah heuristik II yaitu menduga dan menguji, membuat pola, menggunakan perumpamaan/pemisalan beserta contoh-contohnya dan pemecahan masalahnya. Kompetensi yang harus dikuasai setelah mempelajari unit ini, Sdr harus mampu menerapkan strategi pemecahan masalah matematika yang terkait dengan strategi menduga dan menguji, membuat pola, menggunakan perumpamaan/pemisalan, serta mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian setelah mempelajari materi ini, diharapkan mahasiswa mampu:

1). Mengidentifikasi masalah yang harus dipecahkan;

2). Memecahkan masalah dengan cara menduga dan menguji jawaban;

3). Menentukan pola dari suatu masalah;

4). Memecahkan masalah dengan cara menggunakan pola dari masalah;

5). Menuliskan kalimat matematika/persamaan dari suatu masalah yang diketahui;

6). Memecahkan masalah dengan cara menggunakan perumpamaan/pemisalan atau penyelesaian persamaan;

Unit ini dilengkapi dengan latihan-latihan, agar Sdr dapat semakin memahami konsep yang dipaparkan. Pelajari unit ini dengan tuntas, kemudian untuk mengetahui  tingkat penguasaaan Sdr. terhadap materi ini, kerjakan tes formatifnya. Untuk membandingkan hasil penguasaan Sdr. terhadap materi ini, dapat Sdr. bandingkan dengan kunci jawaban tes formatif yang berada di bagian akhir unit. Dari hasil perbandingan tersebut, Sdr. bisa mengetahui kemampuan Sdr. sudah memenuhi standart yang dipersyaratkan atau belum. Jika penguasaan Sdr. belum memenuhi standar yang dipersyaratkan, coba pelajari ulang, terutama pada konsep-konsep yang belum Sdr. pahami dengan benar. Jika Sdr mengalami kesulitan, jangan segan-segan bertanya pada dosen atau rekan Sdr. yang lebih mampu. Manfaatkan sumber belajar lain yang mendukung, misalnya bahan ajar berbasis web yang telah disediakan

SubUnit 1

Dugaan dan Pengujian

Subunit 1 dari unit 5 akan membahas tentang strategi pemecahan masalah dengan cara menduga dan menguji jawaban disertai contoh. Strategi pemecahan masalah dengan cara menduga dan menguji merupakan salah satu dari strategi  pemecahan masalah matematika yang efektif dengan cara menerka dan menguji jawaban dan proses pemecahan masalah matematika.

Seperti pada strategi pemecahan masalah yang terdahulu, langkah pemecahan masalah matematika diawali dengan memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan meninjau kembali jawaban pemecahan masalah. Dari keempat langkah pemecahan masalah tersebut, untuk menerapkan strategi ini Saudara harus lebih dahulu benar-benar memahami masalahnya. Kemudian menuliskan apa yang diketahui dan apa yang harus dicari dari masalah tersebut. Selanjutnya Saudara harus menduga jawaban dari masalah dan menguji jawaban tersebut sudah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan atau belum.  Jika dari jawaban yang Saudara duga, ada satu atau lebih syarat yang tidak terpenuhi, maka jawaban tersebut salah.

SubUnit 2

Menentukan / Membuat Pola

SubUnit 2 dari Unit 5 akan membahas tentang strategi pemecahan masalah dengan cara membuat pola disertai contoh. Strategi pemecahan masalah dengan cara membuat pola merupakan salah satu dari strategi  pemecahan masalah matematika yang efektif guna menjawab permasalahan serta dan proses pemecahan masalah matematika.

Seperti pada strategi pemecahan masalah yang terdahulu, langkah pemecahan masalah matematika diawali dengan memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan meninjau kembali jawaban pemecahan masalah. Dari keempat langkah pemecahan masalah tersebut, untuk menerapkan strategi ini Saudara harus lebih dahulu benar-benar memahami masalahnya. Kemudian menuliskan apa yang diketahui dan apa yang harus dicari dari masalah tersebut. Selanjutnya Saudara harus membuat pola jawaban dari masalah tersebut sudah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan atau belum.  Jika satu pola dapat diketahui dari sekumpulan data atau dengan melakukan manipulasi data, maka Saudara dapat menggunakan pola tersebut untuk menyelesaikan masalah yang harus dipecahkan

SubUnit 3

Menggunakan Perumpamaan / Pemisalan

Subunit 3 dari unit 5 akan membahas tentang strategi pemecahan masalah dengan cara menggunakan perumpamaan atau pemisalan masalah disertai contoh. Strategi pemecahan masalah dengan cara menggunakan perumpamaan atau pemisalan ini merupakan salah satu dari strategi  pemecahan masalah matematika yang efektif dengan cara melakukan pemisalan terhadap masalah yang akan dicari jawabannya, berdasarkan data yang diketahui.      Seperti pada strategi pemecahan masalah yang terdahulu, langkah pemecahan masalah matematika diawali dengan memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan meninjau kembali jawaban pemecahan masalah. Dari keempat langkah pemecahan masalah tersebut, untuk menerapkan strategi ini Saudara harus lebih dahulu benar-benar memahami masalahnya. Kemudian menuliskan apa yang diketahui dan apa yang harus dicari dari masalah tersebut. Saat memulai penyelesaian masalah diawali dengan cara membuat perumpamaan atau pemisalan dari masalah yang akan dicari jawabannya. Berdasarkan pemisalan tersebut, akan terbentuk suatu kalimat matematika yang biasa disebut dengan persamaan. Selanjutnya dengan menggunakan penyelesaian aljabar dari persamaan yang terbentuk, diperoleh himpunan penyelesaiannya.

 

Download File Lengkap PDF

Tinggalkan Komentar