Uji Homogenitas dengan SPSS |Uji Homogenitas digunakan untuk mengetahui varian dari beberapa populasi sama atau tidak. Uji Homogenitas digunakan untuk prasyarat dalam analisis Independen Sampel T Test, Uji One Sampel t Test, ANOVA. Asumsi yang mendasari dalam Analisis of varians (ANOVA) adalah bahwa varian dari beberapa populasi adalah sama.
Dasar Pengambilan Keputusan :

  1. Jika nilai Signifikansi atau nilai probabilitas < 0,05, maka dikatakan bahwa varian dari dua atau lebih kelompok populasi data adalah tidak sama.
  2. Jika nilai Signifikansi atau nilai probabilitas > 0,05, maka dikatakan bahwa varian dari dua atau lebih kelompok populasi data adalah sama.

Supaya lebih jelas perhatikan contoh berikut ini: Saya akan melakukan uji homogenitas varian Hasil Belajar berdasarkan Model Pembelajaran. Adapun data penelitian dapat sobat download di bawah ini:

DOWNLAD DATA UJI HOMEGENITAS.

Langkah-langkah Uji Homogenitas

1. Silahkan buka File yang sudah anda Download

2.  Selanjutnya pada menu SPSS, silahkan pilih menu Analyze, kemudian pilih submenu Compare Means – One Way Anova

3. Pada Dependen List, silahkan klik variabel Hasil, kemudian klik tanda > bagian yang atas.

4. Factor List, klik variabel Model, kemudian klik tanda > bagian yang bawah.

5. Klik Options

6. Silahkan centang pada Homogeneity of variance, kemudian klik Continue

7. Klik OK untuk mengakhiri perintah, sehingga akan menghasilkan output sebagai berikut

Interpretasi Output Uji Homogenitas :
Berdasarkan hasil output di atas dapat diketahui bahwa nilai signifikansi untuk hasil belajar berdasarkan kelompok model pembelajaran  lebih besar dari 0,05 (0,05 < 0,889). Maka dapat disimpulkan bahwa data hasil belajar berdasarkan model pembelajaran mempuyai varian yang sama (Homogen)

Tinggalkan Komentar